mangrove

Jenis-jenis Mangrove
Kita bisa dengan mudah membedakan tumbuhan mangrove dengan tumbuhan darat hanya dengan melihat bentuk akarnya yang mencuat ke atas. Mangrove beradaptasi dengan mencuatkan akar-akarnya ke udara, untuk menghindari sedimennya yang anoksik alias mengandung racun-racun yang berbahaya bagi tubuhnya.
Bentuk akarnya itu pula yang digunakan para peneliti untuk mengetahui spesiesnya. Menurut Kitamura, terdapat enam jenis tipe akar mangrove.
1. Akar Tunjang adalah akar udara yang tumbuh di atas permukaan tanah, mencuat dari batang pohon dan dahan paling bawah serta memanjang ke luar dan menuju ke permukaan tanah. Contohnya, Rhizophora.

2. Akar Nafas adalah akar udara yang berbentuk seperti pensil atau kerucut yang menonjol ke atas, terbentuk dari perluasan akar yang tumbuh secara horisontal. Contohnya, Avicennia.

3. Akar Lutut adalah akar horisontal yang berbentuk seperti lutut terlipat di atas permukaan tanah, meliuk ke atas dan bawah dengan ujung yang membulat di atas permukaan tanah. Contohnya Bruguiera.

4. Akar Papan adalah akar yang tumbuh secara horisontal, berbentuk seperti pita di atas permukaan tanah, bergelombang dan berliku-liku ke arah samping seperti ular. Contohnya, Xylocarpus.

5. Akar Banir adalah struktur akar seperti papan, memanjang secara radial dari pangkal batang. Contohnya, Ceriops.
6. Akar Tanpa Akar Udara adalah akar biasa, tidak berbentuk seperti akar udara. Contohnya Aegiceras. (med)

Mau tahu jenis-jenis mangrove? Kenali tipe akarnya

Kita bisa dengan mudah membedakan tumbuhan mangrove dengan tumbuhan darat hanya dengan melihat bentuk akarnya. Bentuk akarnya yang unik dan indah membuat tumbuhan payau ini berbeda dengan tumbuhan lainnya di buni ini. Mangrove ‘terpaksa’ beradaptasi dengan mencuatkan akar-akarnya ke udara, untuk menghindari sedimennya yang anoksik alias mengandung racun-racun yang berbahaya bagi tubuhnya.
Keunikan dan bentuk akarnya yang mencuat ke atas ini, digunakan oleh para peneliti sebagai salah satu cara yang paling jitu untuk mengetahui spesiesnya. Menurut Kitamura, et al (1997), terdapat 6 jenis tipe akar mangrove. Berikut ini deskripsi masing-masing akar mangrove tersebut:

1.Akar Tunjang adalah akar udara yang tumbuh di atas permukaan tanah, mencuat dari batang pohon dan dahan paling bawah serta memanjang ke luar dan menuju ke permukaan tanah. Contoh: Rhizophora spp.

2.Akar Nafas adalah akar udara yang berbentuk seperti pensil atau kerucut yang menonjol ke atas, terbentuk dari perluasan akar yang tumbuh secara horisontal. Contoh: Avicennia spp.

3.Akar Lutut adalah akar horisontal yang berbentuk seperti lutut terlipat di atas permukaan tanah,  meliuk ke atas dan bawah dengan ujung yang emmbulat di atas permukaan tanah. Contoh: Bruguiera spp.

4.Akar Papan adalah akar yang tumbuh secara horisontal, berbentuk seperti pita di atas permukaan tanah, bergelombang dan berliku-liku ke arah samping seperti ular. Contoh: Xylocarpus spp.

5.Akar Banir adalah struktur akar seperti papan, memanjang secara radial dari pangkal batang. Ceriops spp.

6.Akar Tanpa Akar Udara adalah akar biasa, tidak berbentuk seperti akar udara. Contoh: Aegiceras spp.

About erghimuhammad2412

,,,,,
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s